Cara Mudah Membuat Sitemap di Blog

Cara Mudah Membuat Sitemap di Blog - Sebelum membahas tentang cara membuat sitemap di blog penting untuk diketahui adalah apa sebenarnya sitemap itu? Sitemap adalah peta situs sebuah blog ataupun website, sitemap memudahkan pengunjung mengetahui struktur artikel blog kita. Dan saya pernah baca blog luar yang membahas tentang apa sebenarnya guna sitemap ini, namanya saja peta berarti menunjukkan arah tempat yang dituju. Jadi tujuan sitemap adalah mempermudah pengunjung maupun robot txt mesin pencari mengetahui struktur konten blog kita. Jadi semakin mudah mesin pencari menemukan artikel kita semakin mudah artikel kita nangkring di halaman mesin pencari.

Nah untuk itulah mengapa sitemap berguna buat blog kita, kalau diwordpress plugin untuk itu sudah ada namun untuk blogger kita harus membuatnya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah kok? berikut cara membuat sitemap keren diblog:

1. Buatlah halaman atau entri baru, tetapi menurut saya lebih baik di halaman static saja.
2. Masukan kode berikut ke dalam artikel tetapi yang harus diingat adalah penulisan harus di mode HTML bukan Compose:

<script src="http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.7.1/jquery.min.js">
</script>
<link href="https://googledrive.com/host/0B685uqap5sAIQWVXbHMyZ2ozX0U/sitemap-v1.css" media="screen" rel="stylesheet" type="text/css"></link>
<script src="https://googledrive.com/host/0B685uqap5sAIc0tvWHphd1lvT0E/sitemap-v1.js"></script>
<script src="AlamatBlogAnda/feeds/posts/summary?max-results=1000&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc">
</script>
<script type="text/javascript"> var accToc = true;
</script>
<script src="https://sites.google.com/site/bloghostingbagus/javascript/daftarisiv2.js" type="text/javascript">
</script>

gg  Jika di template blog anda sudah terpasang jquery maka kode tersebut tidak usah dipasang.
gg  Ganti dengan alamat blog anda.

3. Publikasikan. Silahkan tempatkan link sitemap sesuka anda namun biasanya ditempatkan pada menu avigasi untuk mempermudah pengunjung melihatnya. Jika berhasil tampilannya akan seperti di bawah ini:

Cara Mudah Membuat Sitemap di Blog

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar