Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Supervisor

Sebenarnya apa sih tugas kerja dan tanggung jawab seorang supervisor itu. Bagi anda yang sudah masuk dalam dunia kerja mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah ini namun bagi yang mau bekerja atau mau mendaftarkan kerja istilah supervisor mungkin masih jarang didengar. Supervisor lebih lazim dikenal sebagai seorang yang memonitor jalannya pekerjaan, kondisi dalam suatu grup maupun organisasi pekerjaan. Tugas supervisor berbeda beda disetiap perusahaan maupun instansi yang mempekerjakannya, namun secara umum supervisor mempunyai tugas utama yaitu memonitoring suatu jalannya produksi agar berjalan lancar dan terkendali.

Supervisor harus bertanggung jawab dalam memastikan semua pekerjaan dilaksanakan dengan baik sehingga semua proses produksi berjalan lancar seperti monitoring produksi, pengawasah anak buah, melakukan instruksi kerja, bertanggung jawab  keamanan, keselamatan atau kesehatan yang terancam. Ia harus mampu menjalin kerja sama dengan atasan perusahaan atau dengan bawahannya agar tidak terjadi konflik. Supervisor dapat dibagi dalam beberapa tugas sesuai bakat dan pengalamannya sebagai contoh supervisor produksi, marketing, management dan sebagainya.

Pengertian Tugas & Tanggung Jawab Supervisor

Berikut adalah bebarapa tugas kerja seorang supervisor secara umum.

  • Menyampaikan kebijakan yang disampaikan oleh jabatan di atasnya kepada seluruh bawahan dan groupnya
  • Mengatur kelompok kerja pada grup yang dipegangnya
  • Memberikan tugas pada subordinatenya
  • Melaksanakan tugas, proyek, dan pekerjaan secara langsung
  • Memberikan training pada subordinate
  • Memimpin dan memotivasi subordinate atau bawahannya
  • Menegakkan aturan yang telah di tentukan oleh perusahaan
  • Mendisiplinkan bawahan/subordinate
  • Memecahkan masalah sehari hari yang rutin
  • Membuat rencana jangka pendek untuk tugas yang telah ditetapkan oleh atasannya.
  • Mengontrol dan mengevaluasi kinerja bawahan
  • Memberikan info pada manajemen mengenai kondisi bawahan, atau menjadi perantara antara pekerja dengan manajemen.

Supervisor dituntut memiliki jiwa pemimpin, leader, mampu memimpin dan membina karyawan di bawahnya, problem solver. Nah disini pentingnya sebuah perusahaan, instansi maupun organisasi memiliki seorang supervisor. Lewat supervisor inilah visi dan misi perusahaan diharapkan dapat tercapai.

Seorang supervisor harus memiliki kriteria pemimpin yang baik dan adil, hal ini dikarenakan vitalnya peran supervisor dalam kesuksesan perusahaan. Tugas supervisor dan tanggung jawabnya memang penting untuk perusahaan, namun secara garis besar supervisor dapat kita bagi menjadi 5 tanggung jawab yang besar yaitu.

  • Planning, merencanakan kegiatan yang menjadi tugasnya
  • Organizing, mengordinasikan kegiatan dan tugas agar berjalan lancar
  • Staffing, memastikan setiap orang yang terlibat pada tugas dan pekerjaan tersebut.
  • Directing, Mengarahkan bagaimana agar tugas dan pekerjaan tersebut dapat berjalan lancar.
  • Controlling, melakukan kontrol terhadap kegiatan dalam grup serta pekerjaan yang dilakukan oleh grup tersebut.

Tugas dan tanggung jawab supervisor memang sangat luas seperti halnya tugas HRD, pada intinya adalah bagaimana ia memastikan bahwa semua pekerjaan dapat dilakukan dengan baik.  Supervisor juga dituntut dapat memberikan motivasi kepada karyawan atau bawahannya agar kembali semangat bekerja serta di jalur yang benar dalam melakukan pekerjaan.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar