Tips & Cara Efektif Mengusir Ular Dari Rumah Anda

Jika rumah anda berada di dekat lahan terbuka seperti sawah, semak, ladang, kebun atau hutan maka kemungkinan rumah anda bisa dimasuki oleh ular. Seperti pengalaman saya pribadi, rumah saya dekat dengan persawahan dan suatu kali pernah ada ular sanca masuk ke dalam rumah saya dan memakan burung peliharaan yang saya rawa dari kecil, rasanya sangat menjengkelkan tentu saja. Langsung saja ular tersebut saya bunuh dan saya buang, walaupun sebenarnya ular membantu kelangsungan ekosistem yaitu dengan memakan serangga, katak, dan hewan kecil lain namun ada juga beberapa jenis ular yang bisa tumbuh besar dan memakan ayam, kambing bahkan manusia.

Menurut situs wikipedia ular merupakan salah satu reptilia yang paling sukses berkembang di dunia. Maka tidak mengherankan jika anda dapat dengan mudah menemukan reptil ini beberapa tempat seperti gunung, hutan, gurun, dataran rendah, lahan pertanian, lingkungan pemukiman, sampai ke lautan, dapat ditemukan ular. Ular adalah hewan karnivora, mereka memangsa berbagai jenis hewan lebih kecil dari tubuhnya. Ular pohon dan ular darat memangsa burung, mamalia, kodok, jenis-jenis reptil yang lain, termasuk telur-telurnya. Ular-ular besar seperti ular sanca kembang dapat memangsa kambing, kijang, rusa dan bahkan manusia. Ular-ular yang hidup di perairan memangsa ikan, kodok, berudu, dan bahkan telur ikan.

tips efektif mengusir ular dirumah

Secara umum ular dikelompokkan menjadi 2 jenis ular yaitu ular berbisa dan ular yang tidak berbisa. Ular tidak memiliki daun telinga dan gendang telinga, tidak mempunyai keistimewaan atau ketajaman indera mata maupun telinga. Matanya selalu terbuka dan dilapisi selaput tipis sehingga mudah melihat gerakan di sekelilingnya, namun tidak dapat memfokuskan pandangannya. Ular hanya dapat melihat dengan jelas dalam jarak dekat. Indera yang menjadi andalan ular adalah sisik pada perutnya, yang dapat menangkap getaran langkah manusia atau binatang lainnya. Ular tidak membau mangsa melalui lubang hidung, melainkan menggunakan lidah mereka yang dapat mendeteksi bau di udara.

Tips & Cara Efektif Mengusir Ular Dari Rumah Anda
Ok lanjut lagi mengenai ular, jika anda menemui ular bisa dipekarangan rumah atau bisa saja dalam rumah maka, dan jika anda mencoba untuk menangkap, membunuh atau mengusir ular maka anda perlu mengetahui hal hal berikut ini:

  • Jangan panik atau mencoba melakukan gerakan yang tiba-tiba atau hal ini akan memprovokasi ular untuk menyerang anda, kebanyakan ular akan menyerang hanya jika ular merasa terancam atau terdesak, jadi lakukan gerakan mundur perlahan lahan sampaii titik aman dari jangkauan ular jika anda tiba-tiba bertemu ular.
  • Saat anda sudah berada jangkauan yang cukup aman dan mencoba untuk menangkap ular tersebut maka coba amati terlebih dahulu ular tersebut apakah termasuk ular berbisa atau tidak. Jika termasuk ular berbisa maka urungkan niat anda untuk menangkapnya lebih baik usir atau meminta bantuan orang yang lebih profesional atau bisa juga pawang ular.
  • Jika anda memang berhasrat untuk menangkapnya maka lakukan hal hal yang dirasa aman seperti memakai sarung tangan, celana panjang dan perlengkapan lain untuk melindungi seperti kaca mata karena ada beberapa jenis ular berbisa yang menyemprotkan bisanya. Cara menangkapnya dengan menggunakan tali perangkap, penjepit atau bisa saja menggunakan ember untuk menutup atau mengurung ular tersebut.
  • Atau jika anda hanya ingin mengusirnya saja maka gunakan perlatan yang bergagang panjang hal ini untuk menjaga anda dari jangkauan serangan ular.
  • Untuk mencegah ular masuk ke rumah anda maka yang anda perlukan adalah bersihkan rumah anda dari hewan yang menarik perhatian ular untuk datang seperti tikus, kodok maupun serangga lain dirumah anda. Pastikan juga untuk membersihkan rumah anda dari tempat gelap dan kotor seperti tumpukan barang, barang berserakan, umpukan batu dan lainnya karena umumnya ular menyukai tempat gelap dan tenang.
  • Mitos yang salah jika anda menebarkan garam maka ular akan lari, hal itu tidak berhubungan sama sekali karena ular bukan hewan berlendir yang memang takut akan garam, namun ular merupakan hewan bersisik dan hal itu membuat ular tidak takut dengan garam.
  • Dengan menggunakan wewangian yang menyengat seperti parfum atau pengharum ruangan hal itu akan membuat lari ular, jika dalam ruangan anda terdapat ular maka semprotkan parfum atau pengharum ruangan dan tutup ruangan tersebut dan sisakan celah atau lubang kecil untuk ular lari, nah pada mulut celah atau lubang tersebut anda bisa menempatkan karung untuk menangkap ular tersebut.

Nah mungkin cara diatas merupakan bagaimana cara membunuh atau mengusir ular didalam rumah anda dan yang terpenting adalah jika anda merasa kesulitan untuk mengusir, menangkap ular ini maka hubungi segera petugas pengedali hewan dan jika tidak ada maka mintalah bantuan kepada orang yang profesional dalam mengatasi hal ini, karena menangkap ular yang anda lakukan tanpa pengetahuan yang cukup bisa membahayakan keselamatan anda.

Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar